Selasa, 27 Januari 2009

PKS Luncurkan Petunjuk Pemilu 2009


Berubahnya teknis pemilu 2009 menjadi masalah sendiri untuk KPU dan parpol terutama dalam hal sosialisasi kepada masyaraat. Apalagi untuk pemilih yang berada di luar negeri yang jauh dari media tanah air kecuali internet.

Menjawab permasalahan ini, PKS Jerman meluncurkan Petunjuk Pemilu 2009 dalam versi audio visual, yang dapat dilihat dan diunduh di website resmi PKS Jerman (www.pk-sejahtera.de) atau di www.youtube.com dengan kata kunci petunjuk pemilu 2009.

Dengan latar musik orkestra instrumental dari grup band Coklat, media video ini cukup informatif menjelaskan secara tepat bagaimana suara sah dan dianggap sah, disertai pula contoh-contohnya. Ketua PIP PKS Jerman Surya Faisal Danuningrat mengatakan, "Adanya perubahan teknis pelaksanaan Pemilu tahun 2009 ini harus terus disosialisasikan kepada masyarakat melalui berbagai media. PKS Jerman turut ingin memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat pengguna teknologi internet seluruh dunia."

"Bahan-bahannya kami ambil dari Panitia Pemilihan Luar Negeri di Jerman, yang juga dapat diunduh dari internet," sambung Surya Faisal seraya menambahkan bahwa upaya ini dilakukan untuk memberikan pendidikan politik kepada publik untuk menggunakan hak pilih, serta membantu agar suara yang diberikan dapat dihitung sebagai suara sah.

Bagi yang ingin mendownload tersedia pula tautan menuju halaman download Petunjuk Teknis Pemilu 2009 dalam format JPG, PDF, FLV dan MPG. Ukuran media yang diunduh juga ditampilkan agar masyarakat dapat memilih yang diminatinya. Diharapkan sosialisasi ini dapat membantu masyarakat dan KPU dalam upaya mensukseskan momen demokrasi 5 tahunan bangsa Indonesia. Semoga.

Haryandi UGM, haryandi@gmail.com (Jerman)

Tidak ada komentar: