Selasa, 17 Juni 2008

'Sipitung' Menantang Kader Dakwah



oleh: Data Pura (Ketua DPC Cibitung)
Segala Puji hanya bagi Allah SWT yang telah menciptakan manusia dengan bentuk yang sebaik-baiknya, Shalawat dan Salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat.

Ikhwah Fillah…..

“Communication is the key to succes”, komunikasi adalah kunci kesuksesan, ungkapan ini demikian bermakna dan sering kali kita dengar dalam sebuah training motivasi ataupun training pemasaran. Namun terkadang kita menganggap ’remeh’ komunikasi tersebut. Padahal banyak kasus-kasus perselisihan yang timbul lantaran penyebabnya adalah karena minimnya budaya komunikasi. Sebut saja misalnya, masalah dalam rumah tangga, antar tetangga, antara atasan dengan bawahan, antara pekerja dengan pengusaha, bahkan sampai terpecahnya sebuah partai politik. Tapi, bukan berarti hanya dengan komunikasi seluruh permasalahan menjadi selesai, sehingga dianggap komunikasi adalah segala-galanya. Namun justru kita maknai bahwa segala-galanya tidak akan dapat tercapai dengan baik tanpa adanya komunikasi.

Kecamatan Cibitung, dengan 7 desa di bawahnya (Wanasari-Wanajaya-Cibuntu-Kertamukti-Sukajaya-Muktiwari-Sarimukti), merupakan wilayah yang sangat luas dan berpenduduk cukup padat, dengan suara pemilih PKS yang cukup signifikan. Terbukti pada Pemilu Legislatif 2004, PKS Cibitung berhasil mengantongi suara pemilih 18,14% (11.903), yang akhirnya turut mengantarkan Ust. Arif Yuharistanto SE ke DPRD kab. Bekasi untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Cibitung. Kemudian pada Pilkada Bupati 2007, PKS Cibitung memperoleh peningkatan suara menjadi 30,41% (15.959) dan akhirnya turut mengantarkan SADAR menjadi orang nomor satu di Kabupaten Bekasi. Selanjutnya belum lama ini, pada PILGUB Jawa Barat 2008, PKS Cibitung turut mengantarkan HADE menjadi Gubernur Jawa Barat, dengan perolehan suara mencapai 65,67% (33.063). Bahkan fantastisnya, dari jumlah 202 TPS di wilayah Cibitung, 200 TPS telah berhasil dimenangkan oleh HADE. ALLAHU AKBAR!

Kecamatan Cibitung, dengan jumlah dan potensi kader dan konstituen yang demikian besar, maka menjalin komunikasi adalah menjadi sebuah prioritas, baik antara perangkat pemerintah, kader dan simpatisan. Untuk menjangkau hal itu, tentu dibutuhkan sebuah media, baik pertemuan secara langsung maupun tidak langsung. Maka salah satu yang tengah diupayakan adalah melalui sebuah WebBlog dan buletin yang diberi nama MEDIA SIPITUNG (Media Silaturrahim PKS Cibitung ). Dengan hadirnya media ini mudah-mudahan memberikan pencerahan sekaligus angin segar kepada kader ataupun pihak-pihak yang haus akan informasi tentang PKS dan segala sesuatu di wilayahnya, dan Insya Allah akan menjadi alat komunikasi untuk membangun organisasi kedepan kearah yang lebih baik.

Media SIPITUNG, tentu tidaklah cukup sekedar hadir dan terbit saja, kemudian kita menjadi puas dan senang lalu berhenti bekerja. Ini hanyalah tahap pertama dari rentetan tantangan demi mewujudkan cita-cita menjadikan SIPITUNG sebagai salah satu media komunikasi antara pengurus dengan kader dan konstituen. Tantangan kedua adalah distribusi yang cepat dan tepat sasaran, hal ini dapat direalisasikan dengan efektivitas team work (amal jama’i) disetiap tingkatan, mulai dari tingkat pengurus DPC melalui produktivitas team redaksinya, tingkat DPRa dengan kesungguhan penyalurannya, dan pengorbanan yang tulus dari pengurus Korwil hingga akhirnya SIPITUNG dapat bersilaturrahmi kerumah-rumah kader dan para simpatisan dilingkungannya. Tantangan ketiga adalah konsistensi dan Continues improvement (perbaikan terus menerus).

Dari ketiga tahapan tersebut, salah satu aspek yang perlu dipersiapkan adalah ketersediaan dana yang kontinyu. Untuk saat ini, salah satu sumber yang memungkinkan adalah dari infaq kader sebagaimana telah diatur dalam AD/ART PKS, maka setiap kader ditantang untuk kembali menghidupkan infaq-nya agar program-program organisasi dakwah kedepan (termasuk Sipitung) dapat berjalan dengan baik dan mandiri. Lalu agar terciptanya perbaikan yang berkelanjutan maka saran dan masukan positif dari kader sangat diharapkan. Klik di http://pkscibitung.wordpress.com/ atau kirim email ke pkscibitung@yahoo.com.

Ikhwaf Fillah….
Kedepan pekerjaan dakwah kita akan semakin berat, kemenangan demi kemenangan yang kita raih tersebut tidak serta merta memuluskan dan meringankan beban amanah ini, tetapi justru menjadi semakin rumit dan bertambah sulit. Maka untuk menghadapi rintangan itu, saya ingin antum menyimak bait-bait pada nasyid ShouHar bahwa selama matahari bersinar, selama kita terus berjuang, selama kita satu berpadu maka kita akan kembali bangkit menyongsong harapan yang masih ada dan kembali membangun negeri agar tetap berjaya……Insya Allah
Semoga kita tetap istiqomah dalam menjalankan amanah dakwah ini.Amin!

Tidak ada komentar: